(0322) 311106 Jl. Jaksa Agung Suprapto No.65 perpusda@lamongankab.go.id

Berita

PERPUS LAMONGAN > Berita
PENYERAHAN HIBAH & PENANDATANGANAN MOU SERTA NPHD PERPUSTAKAAN DESA PELAKSANA DESAKU PINTAR

PENYERAHAN HIBAH & PENANDATANGANAN MOU SERTA NPHD PERPUSTAKAAN DESA PELAKSANA DESAKU PINTAR

Bertempat di Aula Cendekia Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Dinas Perpustakaan Daerah menyelenggarakan acara Penyerahan Hibah dan Penandatanganan MOU serta Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Perpustakaan Desa Pelaksana Program DesaKU Pintar pada Selasa 14 Mei 2019.

Pra acara dengan penampilan ananda Putri Aulia Firdausi pemenang Juara I lomba mendongeng Cerita Rakyat Lamongan TK, SD/MI se-Kab. Lamongan Tahun 2019 dengan tema dongeng “Panji Laras Liris dan Putri Kediri ” dilanjutkan presentasi Kades Lembor terkait pengembangan tatanan DesaKU Pintar sehingga bisa menjadi inspirasi desa lain untuk mensukseskan Program Kabupaten DesaKU Pintar.

Penampilan dongeng
ananda Putri Aulia Firdausi

Kandam, S.Pd. M.Pd. Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan selaku panitia penyelenggara melaporkan bahwa dukungan Dinas Perpusda Lamongan pada Pengembangan Pendidikan dan Literasi DesaKU Pintar berupa penyediaan sapras Perpustakaan Desa terdiri dari buku bacaan /bahan pustaka, rak buku serta sarana promosi banner. Agar operasional dan tertib administrasi Perpustakaan Desa sebagaimana UU No. 43 tentang Perpustakaan, Dinperpusda Kab. Lamongan juga melaksanakan pembinaan kepada pengelola Perpustakaan Desa serta monitoring evaluasi ke desa Pelaksana Program DesaKU Pintar.

Selanjutnya acara dibuka oleh Drs. MS. Heruwidi, MM. Asisten Tata Praja Setda Kabupaten Lamongan selaku Ketua Program DesaKU Pintar yang dihadiri oleh Camat se Kabupaten Lamongan, 56 Kepala Desa serta 56 pengelola Perpustakaan Desa Pelaksana Program DesaKU Pintar. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai leading sektor Pengembangan Pendidikan dan Literasi Program DesaKU Pintar telah mengimplementasikan pada kegiatan APBD Dinas Perpusda Lamongan Tahun Anggaran 2019. Melalui hibah Perpustakaan Desa dan penempatan sudut baca pada Desa Pelaksana, Program DesaKU Pintar diharapkan menjadi stimulan desa untuk mengembangkan Perpustakaan Desa sebagai sumber belajar dan literasi masyarakat desa sehingga dapat meningkatkan budaya baca masyarakat serta potensi ekonomi desa.

Pada kesempatan ini beliau juga mensosialisasikan program BAZNAS Lamongan, badan yang menangani penyaluran zakat ,infak dan shodaqoh Kab. Lamongan. yang mulai saat ini tidak hanya bisa di transfer ke nomer Rekening BAZNAS Kabupaten tetapi juga telah tersedia counter-counter BAZNAS yang ada di masing2 kecamatan.

#gerakanlamongangemarmembaca
#perpusdalamongan
#programdesakupintar #pengembanganpendidikan #budayaliterasi#salamliterasi #pengetahuanitukekuatan #literasiuntukkesejahteraan#untukhidulebihbaik
#ayokeperpustakaan

Celebrate Kartini Day 2019

Celebrate Kartini Day 2019

Pemandangan yang tak biasa pagi ini, dalam rangka peringatan “Hari Kartini 2019” para pegawai berdinas menggunakan Pakaian nasional kebaya untuk perempuan dan pakaian batik lengan panjang untuk laki-laki.

Mengawali aktifitas dengan apel pagi yang dipimpin oleh Bapak Kandam, S.Pd. M.Pd. Kepala Dinas Perpusda Lamongan, dilanjutkan dengan peringatan bersama 3 OPD diantaranya Dinas Perpusda Lamongan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Aliansi Perempuan Lamongan (APEL) bertempat di halaman Dinas Koperasi dan UMKM.

Tema yang diusung “Apa Kabar Kartini Milenial?”

Acara dihadiri oleh sekitar 200 orang, terdiri dari para pegawai beserta Dharmawanita dari 3 OPD serta Aliansi Perempuan Lamongan.

Diawali dengan sambutan oleh Bapak Kadis Koperasi dan UMKM, fashion show seluruh peserta, lomba memasak nasi goreng yang diikuti oleh Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas, Seminar oleh salah satu Aliansi Perempuan Lamongan serta ramah tamah.

Acara ini dimaksudkan untuk mengenang sosok Raden Ajeng Kartini yang cerdas, Independen dan menginspirasi wanita Indonesia.

Selamat hari Kartini para perempuan Indonesia ! Teruslah menginspirasi.
Buku ibarat bambu runcing untuk berjuang melawan kebodohan dengan berawal dari kegemaran membaca dan menulis seperti buku yang ditulisnya “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lamongan 2019

Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lamongan 2019

Bertempat di Aula Cendekia Dinas Perpusda Lamongan (16/4/2019), siswa-siswi SD/MI se Kab. Lamongan mengikuti Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lamongan Tahun 2019

Dalam sambutannya Bpk. Kandam, S.Pd. M.Pd. sangat mengapreasiasi para peserta dan Bapak/ibu guru pendamping ikut dalam kegiatan ini. Lomba ini menjadi agenda rutin Dinperpusda setiap tahunnya dan pemenang berkesempatan mengikuti Lomba Dongeng Tingkat Prov. Jatim hingga Nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional R.I.

Lomba dongeng kali ini diikuti oleh 46 peserta dari lembaga pendidikan tingkat MI/SD se Kab. Lamongan melalui pendaftaran online yang dibuka sejak tgl. 25 Maret – 12 April 2019. Pemilihan tema dongeng cerita rakyat Lamongan guna meningkatkan budaya baca dan melestarikan kearifan lokal Lamongan.

Berikut nama pemenang Lomba Mendongeng sebagaimana SK Kadisperpusda No. 188/75/Kep./413.121/2019 tentang Penetapan Pemenang Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lamongan Tingkat SD/MI se Kab. Lamongan Tahun 2019 dengan rincian sbb :

  1. Juara I : Putri Aulia Firdausi ( MI YPPI 1945 Babat )
  2. Juara II : Garneta Liya Izzaty S. ( SDN Jetis 3 Lamongan )
  3. Juara III : Tevi Putri Wise ( SDN Jetis III Lamongan)
  4. Juara Harapan I : Amalia Dwi Cantika ( SDN Pangkatrejo I),
  5. Juara Harapan II : Naira Humaira Kurniawan –( MI PPI Bintang Sembilan Babat),
  6. Juara Harapan III : Calista Salwa Judika ( SDN Jetis III Lamongan )

lombadongeng #ceritarakyat #lamonganhits #perpuseru #perpusdalamongan #budayabaca #gerakanlamonganmembaca #literasisekolah #pengetahuanitukekeuatan

CFD & MPK PERPUSDA LAMONGAN

CFD & MPK PERPUSDA LAMONGAN

Menemani masyarakat Lamongan menikmati Car Free Day, Mobil Perpustakaan Keliling [MPK] Dinas Perpusda Lamongan hadir di Alon – Alon Lamongan hari ini Minggu, 07 April 2019. 2 Armada MPK menyuguhkan aneka ragam koleksi mulai dari cergam untuk anak, agama, pengetahuan umum, kuliner, dll.
Masyarakat dapat dengan leluasa membaca di area baca yang telah disediakan.

Memanfaatkan waktu luang dengan hal positif seperti membaca, menambah cakrawala pengetahuan kita akan banyak hal. Bersama keluarga tercinta menikmati CFD dengan penuh kegembiraan.

Tak hanya MPK, perpusda Lamongan juga memanjakan masyarakat dengan keberadaan taman baca alun – alun.

Jumat Bersih

Jumat Bersih

Mengawali Jum’at pertama menjadi Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan Bapak Kandam, S.Pd. M.Pd. mengkomando seluruh pejabat struktural dan pegawai di lingkungan Dinas Perpusda Lamongan serta siswa – siswi Prakerin untuk kerja bakti bersama membersihkan lingkungan sekitar kantor Dinas Perpusda Lamongan hari ini Jum’at, 05 April 2019

Kekompakan terlihat di berbagai sudut, mereka saling bekerja sama membersihkan halaman kantor, taman, area taman bermain dan lalu lintas serta halaman depan masjid. Setelah selesai kerja bakti dilanjutkan sarapan pagi bersama kuliner khas Lamongan nasi boranan.

Kerja bakti dilaksanakan agar tercipta kebersihan dan keindahan di lingkungan Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan. Tidak hanya bagi seluruh pejabat dan pegawai Dinas Perpustakaan tapi juga bagi para pengunjung Perpustakaan.

jumatbersih #jumatberkah #kerjabakti #perpusdalamongan #greenandclean #kulinerlamongan

Habiskan Hari Libur Dengan Baca Buku

Habiskan Hari Libur Dengan Baca Buku

Adanya Taman Baca ini bermanfaat sekali bagi masyarakat Lamongan untuk menumbuhkan minat baca terutama bagi anak-anak. Itulah komentar dari Bapak Teguh salah satu pengunjung Taman Baca Dinperpusda Alun-alun Lamongan. Hampir 80 orang berkunjung ke Taman Baca sangat antusias membaca buku pada Minggu (31/3/2019)

Setiap Minggu pagi, Taman Baca terbuka bagi masyarakat Lamongan yang sedang menghabiskan hari liburnya di Alun-alun Lamongan.
“Kalau untuk orang dewasa seperti saya suka baca buku yang berhubungan dengan hobi, misal buku tentang menanam sayur, berternak atau daur ulang. Sedangkan untuk anak-anak saya, suka buku-buku cerita bergambar. Di rumah kami membiasakan anak-anak membaca. No gadget.” Tambah bapak Teguh yang merupakan guru SMP Negeri 1 Tikung.

Bapak Teguh (kaos orange) bersama keluarga
Bapak Denny bersama istri dan anaknya

Taman Baca Alun-alun yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan ini dibuka pada tanggal 14 Februari 2019. Dari data pengunjung dari awal buka hingga sekarang sudah ada 1000 lebih pengunjung yang datang.

Bapak Denny, pekerja di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya juga menambahkan bahwa beliau sekeluarga senang dapat berkunjung ke Taman Baca Alun-alun Lamongan. Anak-anak dapat membaca buku untuk menambah wawasan. Bahkan beliau menawarkan buku-bukunya yang ada di rumah untuk disumbangkan ke Taman Baca.

Gerakan Lamongan Membaca merupakan salah satu program kegiatan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat.

Output Gerakan Lamongan Membaca yaitu dengan penyediaan bahan bacaan pada beberapa tempat layanan publik ( Sudut Baca ). Titik penempatan sudut baca di Kecamatan Lamongan antara lain : Stasiun Lamongan, RSUD Dr. Soegiri Lamongan, RSIA Fatimah, KPP Pratama, Telaga Bandung, serta Taman Baca Alun – Alun Lamongan.

Beberapa Kelurahan Kec. Lamongan juga menjadi sasaran sudut baca antara lain : Kel. Tlogoanyar, Kel. Jetis, Kel. Banjarmendalan, Kel. Sidoharjo.

Penempatan sudut baca diluar Kec. Lamongan diantaranya RSUD Ngimbang, Museum Sunan Derajat, Kel. Brondong, Kel. Blimbing, Kel. Banaran Babat serta 21 titik program Desaku Pintar.

Dengan adanya penyediaan bahan bacaan seperti di Taman Baca Alun – Alun bisa menjadi sarana Wisata Edukasi dan Learning Center masyarakat Lamongan. Masyarakat dapat memanjakan keluarga tercinta dengan menikmati permainan dan hiburan yang ada di Alun-alun. Pentingnya menumbuhkan rasa cinta buku dan budaya baca sejak usia dini sebagai bekal mewujudkan generasi emas dan berdaya saing dapat dilakukan di area Taman Baca.

ayokeperpustakaan #tamanbacasahabatkeluarga #belajarsambilbermain #pengetahuanitukekuatan #untukhiduplebihbaik

WISATA EDUKASI PAUD/TK AL FALAHIYAH KE PERPUSTAKAAN LAMONGAN

WISATA EDUKASI PAUD/TK AL FALAHIYAH KE PERPUSTAKAAN LAMONGAN

Selasa, 02 April 2019

Moment yang tak biasa pada kunjungan Wisata Edukasi dari PAUD/TK Al FALAHIYAH Lamongan kali ini, karena bersamaan dengan kegiatan OPD Sambut Kenal Kepala Dinas Perpusda Lamongan. Melihat hiruk pikuk keceriaan anak-anak, Bapak Inspektur, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala beserta Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan memberikan sekapur sirih sambutan dan mengabadikan moment-moment dengan berfoto bersama di halaman Perpusda Lamongan.

Selanjutnya anak-anak dipandu ibu guru membaca surat-surat pendek yang menjadi kurikulum pendidikan Paud/Tk Al FALAHIYAH. Kemudian anak-anak masuk ke area baca anak. Sosialisasi tentang perpustakaan dan pengenalan buku pada anak. Membacakan buku cerita pada anak serta nonton bareng film edukasi yang memberikan pesan moral kebaikan.

Agenda Wisata Edukasi ini menjadi agenda rutin, sebagai pembelajaran outing class sehingga anak bisa belajar banyak hal. Mengenal tempat belajar selain sekolah, belajar hal baru, tempat baru dan suasana berbeda yang menyenangkan. Di penghujung acara anak-anak dapat bermain di Taman Lalu Lintas yang ada di samping halaman Perpusda Lamongan.

KUNJUNGAN SD ISLAM TERPADU AL-FURQON CANDI TUNGGAL KALITENGAH

KUNJUNGAN SD ISLAM TERPADU AL-FURQON CANDI TUNGGAL KALITENGAH

Senin 25 Maret, Kunjungan SD Islam Terpadu Al-Furqon Candi Tunggal Kalitengah ke Perpustakaan Umum Kabupaten Lamongan, kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan budaya baca pada anak sejak dini. selain membaca, disini adk – adik bermain, pemutaran film edukasi dan belajar di Perpustakaan.

LOMBA MENDONGENG 2019

Pelajar SD/MI kelas IV dan V di Kota Lamongan, ayo ikuti lomba mendongeng dalam rangka Hari Dongeng se-Dunia yang digelar Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Pendaftaran dibuka mulai 25 Maret – 12 April 2019. Pelaksanaan lomba pada tanggal 16 April 2019 di Dinas Perpustakaan Daerah kabupaten Lamongan. Tema dongeng diutamakan “Cerita Rakyat Lamongan”.

Untuk formulir pendaftarannya bisa langsung klik tautan di bawah ini.

https://goo.gl/forms/ffnrVfIsCyzIBYCK2

Soal ketentuan, kriteria penilaian, dan hadiah lomba bisa dilihat dibrosur atau informasi lebih lanjut hubungi Bidang Dokumentasi dan Informasi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dengan Ibu Titien (082244024401), Ibu Antin (081233712665).

Instagram : @perpuslamongan

Facebook : Perpusda Lamongan

Email : dinperpus@lamongankab.go.id

SEJARAH PERPUSDA DARI MASA KE MASA

Perkembangan Kelembagaan

a. Perpustakaan Umum Kabupaten Lamongan pertama kali didirikan pada tahun 1986 dengan  Keputusan Bupati KDH TK II Lamongan Nomor 364 tahun 1986 tentang penunjukan pengelola  Perpustakaan Umum Kabupaten DATI II Lamongan, yang diketuai Kepala Bagian Hukum dan Ortala Sekretariat Wilayah/Daerah Kabupaten Tingkat II Lamongan.

b.  Tahun  1990 terdapat  perubahan Ketua  Pengelola  Perpustakaan  Umum yaitu  Kepala  Bagian  Kesra  Setwilda Tingkat  II  Lamongan  dengan  Surat Keputusan  Bupati  Kepala  Daerah  DATI  II   Lamongan  Nomor  195 Tahun 1990  .

c.  Tahun 1992 terdapat  perubahan dimana  Kepala Bagian Kesra  Setwilda Tingkat II Lamongan  selain  menjadi  Ketua  Pengelola  Perpustakaan  Umum sekaligus  pengelola  Perpustakaan Keliling dengan  Surat  Keputusan Bupati  Kepal a Daerah DATI II Lamongan Nomor  148 Tahun  1992 tentang  Pengel ola  Perpustakaan Umum dan Perpustakaan  Keliling.

d.  Sejalan dengan perkembangan pemerintahan, pada tahun  1995 Perpustakaan Umum  Kabupaten DATI II Lamongan ini kelembagaannya  berubah menjadi  Kantor  Perpustakaan  Umum  Kabupaten Lamongan dengan Peraturan Daerah Kabupaten  Lamongan  Nomor  7  Tahun 1995  tentang  Organisasi  dan  Tata Praja Perpustakaan  Umum Kabupaten DATI  II  Lamongan. Dengan berubahnya  menjadi  Kantor , maka Perpustakaan  Umum Kabupaten Lamongan  mempunyai tupoksi  yang  berdiri  sendiri.  Hal  ini berdampak pada Kegiatan yang lebih beragam,  tidak  hanya  memberikan layanan sirkulasi saja , tetapi bertambah dengan kegiatan  promosi  Perpustakaan.

e. Tahun 2000 menjadi tonggak Era Otonomi Daerah, yang mana terjadi penggabungan antara Kantor Perpustakaan Umum  Kabupaten Lamongan dengan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Lamongan yang kemudian di beri nama  “  Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan  berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan  Nomor 25 Tahun 2000 tentang  organisasi dan tata kerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten  Lamongan.

f . Pada tahun 2007, untuk mewujudkan  amanah  Peraturan  Pemerintah Kabupaten Lamongan  Nomor  41 Tahun 2007 tentang  Pembentukan Organisasi  Perangkat Daerah ,  Kantor  Arsip  dan  Perpustakaan Kabupaten  Lamongan  status kelembagannya  berubah  menjadi  Badan  Perpustakaan  dan  Arsip Daerah  Kabupaten  Lamongan dengan  Peraturan  Daerah Nomor  4 Tahun 2008 ( Bag.  8 )  tentang organisasi  dan  tata  kerja  lembaga teknis  daerah Kabupaten Lamongan, dan  peraturan  pelaksananya  yaitu Peraturan  Bupati  Nomor  46  Tahun 2008  tentang  kedudukan,  tugas  dan fungsi Badan Perpustakaan dan ,Arsip Daerah Kabupaten Lamongan.

g.   Pada Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten  Lamongan  menetapkan Peraturan  Daerah  Nomor  05  Tahun 2016  tentang  Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lamongan,   semula Badan  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan berubah menjadi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dan Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Laongan . Serta menetapkan Peraturan  Bupati  Lamongan Nomor  77 Tahun 2016 tentang  Kedudukan, Tugas  Pokok  dan  Fungsi  Dinas Perpustakaan  Daerah  Kabupaten Lamongan. Guna  mendukung  pelaksanaan  tupoksi  Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan,  pada Tahun 2018 Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan  menetapkan Peraturan Daerah Nomor 02  Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

Perjalanan  Lokasi

1. Tahun 1986 – 1997 di eks RSUD Soegiri sebelah selatan (sekarang TK Dharma Wanita) Jalan Ki  Sarmidi Mangunsarkoro  No. 07 Lamongan

2. Tahun 1998-2001 di eks RSUD  Soegiri  sebelah  utara (Kantor Mawil Hansip) sekarang  Dinas  Kesehatan  Kab. Lamongan, Jalan Wahidin Sudirohusodo  Lamongan)

3. Tahun 2002 – 2003 di eks  Dinas Kesehatan  Kabupaten  Lamongan  sekarang  (Kantor Perijinan  dan Penanaman  Modal ),  Jalan Wahidin Sudirohusodo  Lamongan

4. Tahun 2004 – 2005 di eks Kantor Cabang  Dinas   Pendidikan  dan Kebudayaan  Kecamatan Lamongan (sekarang  Kantor  LA  Mania)  Jalan  Lamongrejo

5. Tahun 2006  –  2007 di eks Kantor Arsip Daerah Kabupaten Lamongan (sekarang Kantor Dinas  Kearsipan  Daerah  Kabupaten Lamongan) Jalan  Basuki  Rahmat  Nomor 178 Lamongan

6. Tahun 2008  –  2016 di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan Jalan Jaksa  Agung Suprapto Nomor 65 Lamongan

Tahun 2017 – Sekarang Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan berlokasi di  Jl. Jaksa Agung Suprapto Nomor 65 Lamongan.