(0322) 311106 Jl. Jaksa Agung Suprapto No.65 dinperpus@lamongankab.go.id

Berita

PERPUS LAMONGAN > Berita
Nominasi 5 besar Lomba Program DesaKU Pintar

Nominasi 5 besar Lomba Program DesaKU Pintar

Kamis, 15 Agustus 2019

Penilaian Lomba Program DesaKU Pintar pada Tatanan Pengembangan Pendidikan, Literasi dan Kearsipan bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab. Lamongan.

Nominasi 5 besar Lomba DesaKu Pintar, diantaranya :
1. Desa Kendal Kec. Sekaran
2. Desa Lembor Kec. Paciran
3. Desa Sumengko Kec. Kedungpring
4. Kel. Tlogoanyar Kec. Lamongan
5. Desa Babat Kumpul Kec. Pucuk

[PERINGATI DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE – 74 DENGAN LOMBA TRADISIONAL]

[PERINGATI DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE – 74 DENGAN LOMBA TRADISIONAL]

Senin, 12 Agustus 2019 ada pandangan yang tak biasa di lingkungan Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan. Meski hari efektif, seluruh pegawai beserta Dharmawanita persatuan Dinperpusda menggunakan pakaian dinas seragam olahraga. Hal tersebut adalah rangkaian acara untuk menyambut dan memperingati Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74 tahun.

Mengawali aktifitas pagi, diadakan senam SKJ bersama. Dan agar lebih semarak dilanjutkan dengan aneka perlombaan diantaranya : lomba volly antar bidang dan sekretariat, lomba estafet balon beregu, lomba sunggi tempeh, lomba masukkan paku dalam botol serta lomba makan kerupuk. Dipilih lomba-lomba tradisional adalah untuk melestarian kebudayaan Indonesia khususnya di Lamongan tentang peringatan HUT RI.

Terlihat para peserta sangat bersemangat baik para ibu ataupun bapak sehingga suasana semakin hangat dan ceria. Para peserta lomba sangat antusias memperebutkan hadiah yang telah disediakan panitia.

Acara selesai sebelum adzan dhuhur berkumandang. Sambil menunggu pengumuman lomba, dilanjutkan dengan makan siang bersama, ramah tamah dan karaoke.

Dan tibalah saat yang dinantikan para juara baik tim maupun perorangan menerima hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Selamat untuk para juara dan sampai ketemu tahun depan


[Penilaian Lomba DesaKU Pintar]

[Penilaian Lomba DesaKU Pintar]

Rabu, 31 Juli 2019

Bertempat di ruang kerja Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan Tim Program DesaKU Pintar pada tatanan Pengembangan Pendidikan, Literasi dan Kearsipan melaksanakan penilaian paparan dari 10 nominasi desa pelaksana program DesaKU Pintar yang telah melaksanakan pengembangan pendidikan, literasi dan kearsipan serta membuat inovasi terkait tatanan tersebut pada desa masing-masing untuk diambil 5 desa terbaik.

Tim Pengembangan Pendidikan, Literasi dan Kearsipan terdiri atas 5 OPD diantaranya Dinas Perpustakaan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Kearsipan Daerah. Ada 5 komponen serta inovasi yang harus dikembangkan oleh masing-masing desa Pelaksana Desaku Pintar.

#programdesakupintar #pendidikan #literasi #kearsipan #desaliterasi#desaberdaya #desakupintar #untukhiduplebihbaik

Kunker dan Silaturahmi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Nganjuk

Kunker dan Silaturahmi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Nganjuk

Rabu, 31 Juli 2019

Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan menerima kunjungan kerja dan silaturahmi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nganjuk. Hadir dalam kunker Kepala Dinas, Sekdis, Kabid. Pembinaan , Kabid. Layanan beserta jajarannya. Acara diterima oleh Kepala Dinperpusda Kandam, S.Pd. M.Pd. beserta jajarannya.

Pembahasan terkait kunker diantaranya tentang Perda Kab. Lamongan No. 2 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, Perbup. No. 77 Tahun 2016 tentang tupoksi OPD, Sakip, serta program kegiatan Dinas.

#kunker #studybanding #studytiru #perpustakaan #PerpusdaLamongan#diaperpusipnganjuk #gerakanlamonganmembaca #desakupintar#perpustakaaninklusisosial #budayaliterasi

[Visitasi dan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tk SLTP se Kab. Lamongan Th. 2019]

[Visitasi dan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tk SLTP se Kab. Lamongan Th. 2019]

Jum’at, 19 Juli 2019
Tim Penilai Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan dan Dinas Pendidikan Kab. Lamongan melakukan Visitasi dan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTP se Kab. Lamongan Tahun 2019 yang berlokasi di SMPN 1 Pucuk dan SMPN 1 Sukodadi.

#visitasidanpenilaian #lombaperpustakaan #tingkatSLTP #lamongan#budayabaca #budayaliterasi #literasisekolah

[SUDUT BACA DHARMAWANITA PERSATUAN KABUPATEN LAMONGAN]

[SUDUT BACA DHARMAWANITA PERSATUAN KABUPATEN LAMONGAN]

Kamis, 18 Juli 2019 bertempat di Kantor DWP Kabupaten Lamongan dilakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama ( MOU ) antara Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dengan Dharmawanita Persatuan Kabupaten Lamongan tentang Penempatan Sudut Baca.

Kepala Dinas Perpusda Lamongan Kandam, S.Pd. M.Pd. menyampaikan bahwa penempatan sudut baca di kantor Dharmawanita Kab. Lamongan sebagai dukungan Dinperpusda dalam kegiatan Gerakan Lamongan Gemar Membaca. 
Ibu adalah madrasah pertama keluarga dan kader Dharmawanita merupakan organisasi wanita yang memiliki visi mulia peningkatan kesejahteraan keluarga. Bahan bacaan sudut baca diharapkan bisa menjadi referensi pengetahuan dan peningkatan budaya baca.

Ibu Hj. Anis Yuhronur Efendi ketua Dharmawanita Kabupaten Lamongan sangat mengapresiasi program Dinperpusda. Meskipun saat ini penempatan sudut baca dan area baca masih ala kadarnya, beliau menyampaikan bila nanti pembangunan kantor Dharmawanita yang baru sudah jadi, akan dibuatkan ruang khusus yang lebih strategis untuk “DWP Mini Library “

Beliau dan keluarga kecilnya yang memiliki hobby membaca sehingga banyak sekali koleksi pribadi beliau dan bermaksud mendonasikan sebagian koleksinya untuk pengembangan Perpustakaan Dharmawanita Persatuan Kab. Lamongan. Melalui perpustakaan Dharmawanita diharapkan budaya literasi di Lamongan semakin hari semakin berkembang guna mewujudkan kota literasi dan SDM yang berdaya saing.

#latepost #sudutbaca #perpusdalamongan #dharmawanitapersatuan#lamongan 

#budayabaca #budayaliterasi #perempuanhebat#gerakanlamonganmembaca #untukhiduplebihbaik

LAUNCHING PERPUSTAKAAN KECAMATAN KARANGGENENG

LAUNCHING PERPUSTAKAAN KECAMATAN KARANGGENENG

Karanggeneng, 02 Juli 2019
Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan kembali membuka Perpustakaan Kecamatan yang berlokasi di Desa Karanggeneng Kecamatan Karanggeneng (samping Bank Daerah Lamongan), Perpustakaan Kecamatan Karanggeneng menjadi perpustakaan kecamatan ke-7 setelah Karangbinangun, Sukodadi, Babat, Ngimbang, Mantup, Sarirejo. Acara dihadiri oleh Camat Karanggeneng beserta jajarannya, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Karanggeneng, Kepala Sekolah SMP dan SD terdekat, siswa-siswi dari SDN 1 Karanggeneng serta SDN Mertani, PJ. Kades Karanggeneng serta keluarga besar Dinas Perpusda Lamongan.

Acara diawali dengan penampilan ananda Garneta Liya Izzati dari SDN Unggulan Jetis III pemenang 2 Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lamongan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpusda Lamongan dengan judul Pusaka Keris Mbah Jimat dan Pantangan Ikan Lele Bertuah, dilanjutkan pembukaan oleh Kadis Perpusda Lamongan, Camat Karanggeneng, Tausiyah oleh KH. Maksum, penyematan PIN Pekan Olahraga Prov. Jatim kepada siswa siswi SDN Karanggeneng, penyerahan Katalog Induk Daerah (KID) kepada SMPN Karanggeneng dilanjutkan tumpengan dan ramah tamah.

Dalam sambutannya Kandam S.Pd, M.Pd selaku Kepala Dinas Perpusda Lamongan menyampaikan bahwa keberadaan Perpustakaan Kec. Karanggeneng sebagai langkah Dinas Perpusda Lamongan dalam mengembangkan program literasi desa serta lebih mendekatkan layanan informasi dan bahan bacaan kepada masyarakat di lingkungan Desa Karanggeneng.

Camat Karanggeneng Bhakti Aprianto juga mengapresiasi langkah Dinas Perpusda Lamongan, Beliau juga menghimbau agar Korwil Bidang Pendidikan Kec. Karanggeneng, Bapak / Ibu dari lembaga pendidikan yang hadir, siswa siswi serta Pj kades Karanggeneng agar menyebarluaskan keberadaan Perpustakaan Kec. Karanggeneng serta berperan aktif dalam pemanfaatan sarana perpustakaan.

#launchingperpustakaankeckaranggeneng
#perpustakaanasyik #perpustakaanmenyenangkan #ayokeperpustakaan#membacaitukeren #perpusdalamongan #untukhiduplebihbaik

LAUNCHING BUKU “Tadarus Sang Begawan”

LAUNCHING BUKU “Tadarus Sang Begawan”

Kamis, 27 Juni 2019

Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan bersama komunitas Forum Penulis dan Pegiat Literasi (P2PL), Kostela, Literacy Instritute, menggelar acara bertajuk : TADARUS SANG BEGAWAN (membaca karya, kiprah dan perjalanan kepenyairan Hery Lamongan ) sebagi penghargaan atas dedikasi sang maestro Hery Lamongan.

Acara di hadiri 150 peserta terdiri atas para penulis, pegiat literasi, sastrawan, budayawan, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Tak hanya penulis Lamongan, beberapa penulis Tuban, Bojonegoro, Bangkalan, Jogja juga hadir.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan Kandam, S.Pd. M.Pd. dalam sambutannya beliau sangat mengapresi kegiatan ini sebagai langkah kebangkitan dunia kepenulisan Lamongan. Pada kesempatan ini juga disematkan Pin Porprov kepada 6 peserta perwakilan masing-masing komunitas sebagai dukungan atas ajang Pekan Olahraga Prov. Jatim di Kab. Lamongan

Acara juga dimeriahkan oleh pembacaan dan musikalisasi puisi dari para penulis yang hadir serta turut serta memberikan suara dalam puisi-puisi yang terdapat dalam buku Antalogi Tadarus Sang Begawan. Tidak ketinggalan juga Herry Lamongan membacakan sebuah puisi yang ditulisnya. Baginya, acara Tadarus Sang Begawan adalah sebuah penghormatan dan kado istimewa di usianya yang ke-60 tahun.

#tadarussangbegawan #launchingdanbedahbuku #musikalisasipuisi 
#Perpusda Lamongan
#perpustakaanberbasisinklusisosial #pusatberkegiatankomunitas#pusatberkegiatanmasyarakat